Mengetahui Gejala dan Cara Mencegah Demam Berdarah Dengue

Mengetahui Gejala dan Cara Mencegah Demam Berdarah Dengue

Mengetahui Gejala dan Supaya terlindungi dari virus dan nyamuk pemicu DBD, ada cara-cara yang bisa Anda kerjakan, salah satunya:

1. Menempatkan kelambu dan kasa
Menempatkan kelambu dalam tempat tidur dan kasa di pintu dan jendela menjadi langkah menahan demam berdarah dengue. Kelambu dan kasa bisa merintangi nyamuk di luar rumah masuk di di rumah dan menggigit Anda. Disamping itu, tutup seluruh lubang yang ada di jendela dan pintu di dalam rumah supaya nyamuk tidak dapat masuk. Mengetahui Gejala dan

2. Menghidupkan AC atau kipas angin
Beberapa penelitian memperlihatkan jika saluran udara dari kipas angin atau AC bisa menahan nyamuk terbang dekati badan. Mengetahui Gejala dan

Disamping itu, nyamuk pembawa virus dengue bisa mengetahui wewangian badan waktu akan menggigit kulit. Pemakaian kipas atau AC dipercayai bisa menebarkan berbau alami badan di ruang, hingga nyamuk akan ketidaktahuan cari sumber berbau yang sebenarnya.

3. Memakai obat nyamuk
Anda dapat memakai obat nyamuk semprot atau beri untuk menahan gigitan nyamuk demam berdarah. Tetapi, yakinkan Anda pilih obat nyamuk yang memiliki kandungan beberapa bahan kimia aman, seperti DEET, picaridin, atau IR3535.

Bila pengin memakai bahan alamiah, Anda dapat pilih minyak kayu putih (eukaliptus) atau minyak fundamental yang dibuat dari lavender, lemon, peppermint, atau serai.

4. Kenakan pakaian tertutup
Untuk menahan gigitan nyamuk, Anda bisa juga memakai pakaian berlengan panjang, celana panjang, dan kaus kaki waktu melakukan aktivitas di luar ruang. Yakinkan Anda pilih bahan baju yang bisa meresap keringat supaya Anda tidak berasa kepanasan.

5. Mengaplikasikan 3M
Program 3M adalah cara pemerintahan untuk menahan penyebaran virus dengue di tengah-tengah warga. Program ini mencakup bersihkan tempat penampungan air, seperti bak kamar mandi, kolam ikan, dan vas bunga, tutup tempat air, dan mendaur ulangi beberapa barang sisa yang mempunyai potensi jadi sarang nyamuk.
6. Mendapatkan vaksin dengue
Semenjak September 2016, vaksin dengue sudah ada di Indonesia. Vaksin ini bisa dikasih ke anak umur di atas 9 tahun dan orang dewasa. Walau tidak bisa menahan gigitan nyamuk, vaksin ini bisa menahan munculnya tanda-tanda DBD berat.
Namun, efektifitas vaksin dengue selama ini masih belumlah pasti dan vaksin itu pun tidak dianjurkan untuk dikasih ke orang yang tidak pernah terkena virus dengue awalnya. Oleh karenanya, Anda perlu konsultasi ke dokter bila pengin memperoleh vaksin dengue.
7. Konsumsi vitamin C
Kecuali dengan bermacam langkah di atas, Anda pun perlu perkuat ketahanan badan supaya tidak gampang terkena virus dengue. Mekanisme imun ini bisa diperkokoh dengan konsumsi vitamin C yang ada dalam buah dan sayur, seperti jambu biji, jeruk, kiwi, brokoli, strobery, tomat, dan bayam atau konsumsi ekstra vitamin C.
Bukan hanya dengan vitamin C, Anda pun dianjurkan untuk jalani pola hidup sehat, terhitung konsumsi makanan memiliki nutrisi tinggi, olahraga secara teratur, dan memenuhi waktu istirahat, untuk perkuat ketahanan badan.
Bagaimana juga, menahan lebih bagus dibanding menyembuhkan. Oleh karenanya, bentengi diri Anda dengan lakukan bermacam langkah menahan demam berdarah dengue di atas. Jika Anda rasakan tanda-tanda DBD, khususnya sepanjang musim penghujan, cepatlah berobat ke dokter atau rumah sakit paling dekat untuk memperoleh pengatasan yang pas.
error: Content is protected !!