Ketahui Sekilas tentang Torakotomi Operasi Membuka Rongga Dada

Ketahui Sekilas tentang Torakotomi Operasi Membuka Rongga Dada

Ketahui Sekilas tentang Pada operasi torakotomi, irisan operasi dibikin pada dinding dada, dan akses ke organ-organ yang ada di rongga dada dibikin dengan menggunting atau terkadang sampai mengusung beberapa tulang rusuk. Kecuali selaku sistem pengatasan, operasi ini dapat dipakai untuk menganalisis satu keadaan atau penyakit.

Torakotomi bisa dikerjakan sebab beberapa fakta. Masalahnya buka rongga dada dan tempat antara paru kanan dan kiri (mediastinum) memungkinkannya dokter untuk terhubung jantung, tenggorokan (esofagus), sisi atas aorta, yakni pembuluh darah besar yang menyalurkan darah langsung dari jantung, dan sisi depan tulang belakang. Ketahui Sekilas tentang

Tipe ini ialah proses operasi buka rongga dada yang umum dikerjakan. Maksudnya untuk menyembuhkan kanker paru dengan mengusung semua atau beberapa paru-paru. Ketahui Sekilas tentang

Irisan akan dibikin di sejauh segi dada menuju belakang antara tulang rusuk. Tulang rusuk lalu dibentangkan atau diangkat supaya paru-paru bisa dijangkau. Kemudian, dokter akan mengusung sisi paru yang memiliki masalah.

2. Torakotomi median
Pada proses operasi ini, dokter akan membuat irisan secara vertikal lewat tulang dada (sternum) supaya bisa terhubung rongga dada. Proses ini biasa dikerjakan untuk tangani penyakit jantung.

3. Torakotomi aksila
Pada terakotomi aksila, dokter akan membuat irisan di dekat ketiak (aksila) supaya bisa terhubung rongga dada. Proses ini umumnya dikerjakan untuk menyembuhkan pneumothorax, dan selaku proses pendukung beberapa operasi paru yang lain dan operasi jantung.

4. Torakotomi anterolateral
Proses ini adalah proses genting yang menyertakan irisan di sejauh sisi depan dada. Torakotomi anterolateral diantaranya bisa dikerjakan untuk tangani luka dada yang kronis.
Proses Operasi Torakotomi untuk Buka Rongga Dada
Saat sebelum operasi dikerjakan, dokter akan lakukan pengecekan fisik, kisah kesehatan, dan keadaan organ yang memiliki masalah. Bila Anda merokok, dokter akan menyarankan Anda untuk stop merokok hari-hari saat sebelum operasi.
Operasi dikerjakan dengan bius umum supaya Anda tertidur dan tidak rasakan sakit sepanjang proses berjalan. Disamping itu, dokter akan menempatkan selang kecil di tulang belakang (selang epidural) untuk memberi obat penurun ngilu sepanjang operasi.
Dokter akan membuat irisan sama tipe operasi torakotomi yang dikerjakan. Sesudah irisan dibikin, dokter akan buka otot, apabila perlu, mengusung tulang rusuk agar capai isi rongga dada.
Bila Anda jalani operasi paru-paru, sisi paru yang sakit akan dikempiskan dengan selang spesial hingga dokter bisa lakukan operasi secara baik. Sedang sisi paru lainnya tetap bekerja dengan kontribusi alat tolong napas (ventilator).
Sesudah operasi usai, dokter akan meningkatkan kembali lagi paru-paru Anda. Untuk saat ini, satu selang akan terpasang di dada agar menyalurkan cairan, darah, dan udara yang kemungkinan terkumpul di paru-paru karena operasi. Selang ini akan didiamkan dipasang sepanjang hari-hari.
Tulang rusuk Anda selanjutnya akan diperbarui dan cedera irisan ditutup dengan jahitan atau staples spesial. Rerata, keseluruhnya proses torakotomi memerlukan waktu 2–5 jam.
Untuk keadaan spesifik, operasi agresif minimum (irisan kecil atau tiada irisan) yang dikenali selaku bedah torakoskopi bisa dipakai selaku alternatif torakotomi. Proses ini dikerjakan dengan kontribusi video (video-assisted thoracoscopic surgery/VATS).
Pada torakoskopi, beberapa irisan kecil akan dibikin di dada dan pembandinghan dikerjakan dengan masukkan teropong memiliki kamera. Torakoskopi atau VATS bisa dipakai bahkan juga untuk beberapa proses yang termasuk besar, seperti pengangkatan beberapa paru.
Dibandingkan torakotomi, bedah torakoskopi mempunyai beberapa keunggulan, yakni pemulihan sesudah operasi yang bisa lebih cepat dan ngilu sesudah operasi yang lebih enteng. Sayang, operasi ini belum ada di seluruh rumah sakit di Indonesia.
error: Content is protected !!