Ketahui Penanganan Terkena Ulat Bulu yang Tepat

Ketahui Penanganan Terkena Ulat Bulu yang Tepat

Ketahui Penanganan Terkena Tanda-tanda yang tampil karena terserang ulat bulu dapat berbagai macam, seperti ruam, bentol, atau bintik kemerahan di kulit, dan kulit berasa gatal, perih, dan lebam. Buat memudahkan tanda-tanda itu, Anda dapat lakukan langkah-langkah pengatasan waktu terserang ulat bulu.

Beberapa Langkah Pengatasan Terserang Ulat Bulu
Di bawah ini ialah cara-cara yang dapat Anda kerjakan untuk memudahkan tanda-tanda iritasi atau alergi karena terserang ulat bulu: Ketahui Penanganan Terkena

1. Melepas ulat bulu yang melekat
Waktu Anda mendapati ulat bulu melekat di bagian badan, selekasnya bebaskan ulat bulu itu lebih dulu. Tetapi, Anda tidak dianjurkan melepas ulat bulu memakai tangan atau anggota badan yang lain. Ketahui Penanganan Terkena

Supaya lebih aman, angkat dan taklukkan ulat bulu memakai benda lain, seperti tisu, sapu tangan, ranting, atau pencapit.

2. Hilangkan rambut lembut
Rambut lembut ulat bulu yang melekat di kulit dapat memunculkan gatal-gatal dan ruam kulit karena iritasi dan alergi. Oleh karenanya, Anda perlu hilangkan rambut lembut itu memakai pencapit atau lem isolasi (duct tape). Sedapat mungkin, angkat semua rambut ulat bulu sampai tidak ada yang masih ada di kulit.

3. Bersihkan anggota badan yang terkena ulat bulu
Sesudah singkirkan ulat bulu dan tersisa rambut lembutnya, selekasnya membersihkan anggota badan yang terserang ulat bulu memakai air mengucur dan sabun, selanjutnya keringkan. Waktu bersihkan badan, pilih sabun memiliki bahan kimia halus supaya tidak mengakibatkan iritasi kulit.
4. Memakai kompres dingin
Anda dapat memberi kompres dingin untuk menangani keluh kesah kulit gatal atau perih, lebam-bengkak, dan kemerahan karena terserang ulat bulu. Waktu pemberian kompres dingin yang dianjurkan ialah seputar 10–15 menit.
5. Memakai beberapa obat alergi
Jika rasa gatal karena terserang ulat bulu mengakibatkan Anda alami reaksi alergi, selekasnya kontrol diri ke dokter supaya pengatasan yang pas bisa dikerjakan. Dokter biasanya akan memberi resep obat antihistamin untuk tanda-tanda alergi yang dirasakan.
Bila reaksi alergi yang dirasakan cukup kronis, dokter akan memberi resep beberapa obat kortikosteroid untuk menanganinya.
Hal yang perlu Anda ingat ialah jauhi menggaruk anggota badan yang gatal waktu terserang ulat bulu. Perlakuan ini malah bisa mengakibatkan iritasi kulit atau bahkan juga infeksi kulit.
Menahan Anafilaksis Saat Terserang Ulat Bulu
Walau jarang ada, terserang ulat bulu dapat memunculkan reaksi alergi kronis atau anafilaksis. Reaksi alergi ini beresiko serta dapat memberikan ancaman jiwa.
Anafilaksis dapat mengakibatkan tekanan darah di badan penderitanya turun mencolok. Disamping itu, reaksi alergi in bisa juga memunculkan gejala-gejala, misalnya:
error: Content is protected !!