Ini Penyebab Menstruasi Dua Kali dalam Sebulan dan Cara Mengatasinya

Ini Penyebab Menstruasi Dua Kali dalam Sebulan dan Cara Mengatasinya

Ini Penyebab Menstruasi Bila perdarahan lewat vagina berlangsung di luar transisi menstruasi normal, Anda perlu pastikan apa perdarahan itu berasal dari menstruasi atau keadaan klinis spesifik.

Pemicu Menstruasi Dua Kali Satu bulan
Ada banyak pemicu seorang wanita alami menstruasi 2x dalam satu bulan, salah satunya: Ini Penyebab Menstruasi

1. Transisi menstruasi pendek
Menstruasi 2x dalam satu bulan dipandang normal, bila berasal dari transisi menstruasi yang termasuk pendek atau di bawah 28 hari. Keadaan menstruasi ini dipandang normal, bila cuman berlangsung kadang-kadang dalam satu tahun tiada dibarengi keluh kesah lain, misalkan ngilu waktu melakukan hubungan intim. Ini Penyebab Menstruasi

Tetapi, menstruasi 2x dalam satu bulan baru dipandang tidak normal jika berlangsung karena transisi menstruasi yang lebih pendek dari 21 hari. Keadaan ini menjadi penanda Anda alami masalah kesehatan spesifik.

2. Depresi
Depresi ialah permasalahan umum yang dapat mengakibatkan perombakan transisi menstruasi. Seringkali depresi membuat menstruasi tidak teratur, darah haid keluar lebih beberapa dari umumnya, atau menstruasi berasa menyakitkan.

3. Berat tubuh bertambah atau turun secara mencolok
Transisi menstruasi bisa juga terusik karena pengurangan dan tambahan berat tubuh secara mencolok. Ini dapat berlangsung karena skema makan yang jelek, jarang-jarang olahraga, dan depresi.

4. Pubertas
Seorang wanita yang baru masuk periode pubertas umumnya belum alami transisi menstruasi yang teratur. Kadang, menstruasi 2x dalam satu bulan berlangsung. Tetapi, ada saatnya transisi haid memanjang hingga berlangsung sekali dalam dua bulan. Keadaan ini umumnya akan berjalan sepanjang 1–2 tahun awal pubertas.

5. Fibroid uterus
Fibroid uterus atau miom ialah tumor jinak pada dinding kandungan. Umumnya, tumor ini memiliki ukuran kecil seperti biji apel, tapi juga bisa tumbuh sampai memiliki ukuran besar. Bila tidak selekasnya diatasi, fibroid uterus bisa mengakibatkan perdarahan berat di vagina dan ngilu perut.
6. Sindrom ovarium polikistik (PCOS)
Sindrom ovarium polikistik ialah abnormalitas hormonal yang bisa mengakibatkan terciptanya kista kecil di ovarium. Keadaan ini dapat mengakibatkan menstruasi jadi tidak teratur, misalkan menstruasi 2x dalam satu bulan.
7. Pemakaian alat kontrasepsi (pil KB)
Pemakaian kontrasepsi oral atau pil KB mempunyai tujuan untuk menahan kehamilan dan hentikan ovulasi. Salah satunya imbas yang dirasakan wanita waktu hentikan alat kontrasepsi ini ialah transisi menstruasi yang tidak teratur.
8. Masalah tiroid
Kelebihan hormon tiroid (hipertiroidisme) atau kekurangan hormon tiroid (hipotiroidisme) dapat mengakibatkan bermacam masalah dalam tubuh, diantaranya ialah perombakan transisi menstruasi.
9. Penyakit radang panggul
Penyakit radang panggul atau pelvic inflammatory diseases (PID) ialah infeksi bakteri yang menyerbu mekanisme reproduksi wanita. Infeksi organ reproduksi ini dapat mengakibatkan menstruasi tidak teratur atau memunculkan perdarahan melalui vagina antara transisi menstruasi.
10. Endometriosis
Endometriosis ialah abnormalitas pada mekanisme reproduksi wanita saat susunan dalam dinding kandungan (endometrium) tumbuh di luar rongga kandungan. Keadaan ini adalah salah satunya pemicu perdarahan di vagina dan transisi menstruasi yang tidak teratur.
Kecuali bermacam keadaan di atas, menstruasi 2x satu bulan atau perdarahan antara transisi menstruasi bisa juga jadi penanda menopause, kista, kanker kandungan, penyakit menyebar seksual, kehamilan, keguguran, atau karena efek beberapa obat spesifik.
error: Content is protected !!