Cara Mengatasi Kulit Kering dan Gatal

Cara Mengatasi Kulit Kering dan Gatal

Cara Mengatasi Kulit Saat berasa kering, kulit akan bertambah lebih peka dan gampang gatal. Kadang, kulit kering bisa juga memunculkan keluh kesah lain, seperti timbulnya ruam atau cedera di kulit.

Pengatasan Kulit Kering dan Gatal
Kulit kering dan gatal kerap kali membuat orang yang merasakannya terasa terusik. Tetapi, ada cara-cara menangani kulit kering dan gatal yang dapat dikerjakan, diantaranya: Cara Mengatasi Kulit

1. Memakai pelembap secara teratur
Bila Anda mempunyai kulit kering dan gatal, janganlah lupa selalu untuk memakai pelembap sebentar sesudah mandi, membersihkan muka, atau membersihkan tangan. Pelembap berperan untuk jaga kelembapan di kulit supaya tidak gampang raib. Cara Mengatasi Kulit

Pilih pelembap yang tidak memiliki kandungan zat iritatif, seperti minyak wangi dan bahan warna, untuk menghindar iritasi.

2. Memakai kompres dingin
Bila rasa gatal karena kulit kering semakin mengusik, Anda dapat mengompres kulit yang memiliki masalah dengan kain yang sudah dipendam air dingin. Pemberian kompres dingin ini dapat menahan Anda sering menggaruk kulit yang gatal.
3. Pilih produk sabun mandi yang pas
Sabun mandi yang memiliki kandungan deodoran dan pewangi biasanya memiliki kandungan beberapa bahan yang bisa hilangkan kelembapan kulit, hingga bisa mengakibatkan kulit kering dan gatal.
Oleh karenanya, Anda dianjurkan untuk pilih produk sabun mandi memiliki bahan landasan enteng dan tiada pewangi. Anda pun seharusnya pilih sabun yang memiliki label hypoallergenic, bila mempunyai kulit yang peka.
Disamping itu, jangan sering mandi dan awasi waktu mandi minimal 10–15 menit saja. Upayakan juga untuk mandi memakai air dingin atau hangat. Sering mandi dan memakai air yang begitu panas dapat kurangi kelembapan kulit.
4. Memakai pelembap udara (humidifier)
Kerap melakukan aktivitas di ruang ber-AC dapat mengakibatkan kulit kering. Untuk menanganinya, Anda dapat memakai humidifier buat melembapkan udara dan menahan kulit kering. Disamping itu, alat ini dapat menahan kambuhnya tanda-tanda alergi di kulit, misalkan karena paparan debu.
5. Hentikan rutinitas rokok
Bukan hanya mempengaruhi kesehatan organ badan, rokok dapat mengakibatkan kulit jadi kering dan kasar. Ini sebab merokok bisa membuat saluran darah jadi kurang lancar. Paparan asap rokok dapat jadi parah tanda-tanda eksim, hingga kulit lebih rawan kering dan gatal.
6. Jaga kebersihan rumah dan sekitar lingkungan
Kulit gatal dan kering seringkali berasal dari lingkungan yang kotor. Jumlahnya debu dan serangga kecil, seperti tungau, menjadi salah satunya pemicu kulit kering dan gatal. Oleh karenanya, Anda disarankan selalu untuk jaga kebersihan badan dan lingkungan rumah.
error: Content is protected !!