Berbagai Kondisi yang Perlu Ditangani dengan Operasi Pita Suara

Berbagai Kondisi yang Perlu Ditangani dengan Operasi Pita Suara

Berbagai Kondisi yang Pita suara bisa alami masalah sebab satu dan lain perihal. Tipe pengatasannya juga disamakan dengan pemicu yang memicu. Jika memiliki sifat enteng, keadaan ini bisa ditangani lewat therapy wicara atau pemakaian beberapa obat spesifik.

Tetapi, pada beberapa keadaan, dibutuhkan cara operasi untuk menangani masalah pita suara yang dirasakan. Berbagai Kondisi yang

Macam-Macam Masalah Pita Suara
Masalah pita suara bisa berasal dari bermacam hal, dimulai dari infeksi sampai tumor. Keadaan ini kerap kali membuat penderitanya alami suara serak atau bahkan juga kehilangan suaranya. Di bawah ini ialah beberapa macam masalah pita suara: Berbagai Kondisi yang

Laringitis
Laringitis ialah infeksi yang berlangsung pada laring atau kotak suara (voice box) dalam kerongkongan. Keadaan ini umumnya diikuti dengan ngilu kerongkongan, batuk, demam, dan suara serak atau bahkan juga raib.

Nodul pita suara
Nodul pita suara adalah perkembangan jaringan sebab pemakaian pita suara terlalu berlebih dan berulang-ulang. Keadaan ini biasanya dirasakan dengan seorang vokalis profesional, hingga kerap dikenali dengan panggilan singer’s nodules.

Bila alami keadaan ini, Anda bukan hanya alami suara serak, tetapi rasa ngilu waktu bicara.

Polip pita suara
Polip pita suara adalah perkembangan jaringan nonkanker yang seperti lepuhan di pita suara. Sama dengan nodul pita suara, polip bisa juga tampil karena pemakaian pita suara terlalu berlebih, misalkan sering berteriak-teriak. Keadaan ini mengakibatkan suara kedengar serak dan berat.

Kelumpuhan pita suara
Keadaan ini berlangsung saat stimulan saraf ke laring terusik, hingga membuat penderitanya alami napas sesak dan suara serak. Keadaan ini dapat berasal dari faktor-faktor, misalkan infeksi virus, kerusakan saraf karena operasi, atau dampak kanker.

Tipe-Jenis Operasi Pita Suara
Pengatasan untuk masalah pita suara disamakan dengan pemicu dan tingkat keparahannya. Bila masalah pita suara yang dirasakan cukup kronis, dokter kemungkinan mereferensikan operasi selaku opsi penyembuhan paling akhir.
Pada umumnya, cara operasi mempunyai tujuan untuk kembalikan peranan pita suara supaya Anda dapat bicara dan menelan secara baik. Umumnya operasi pita suara dikerjakan untuk menangani polip, nodul, tumor, sampai kelumpuhan pita suara.
Berdasar maksudnya, operasi pita suara dipisah jadi beberapa macam, yakni:
1. Mikrolaringoskopi
Mikrolaringoskopi dikerjakan dengan masukkan tabung logam pendek (laringoskop) lewat mulut ke pita suara. Proses ini memudahkan perlakuan ambil jaringan waktu lakukan biopsi atau saat harus menggunting polip atau nodul. Dengan begitu, resiko kerusakan jaringan bisa lebih rendah.
2. Bulk injection
Proses ini dikerjakan dengan menyuntik zat, seperti kolagen, lemak, dan zat-zat spesial ke otot pita suara untuk kembalikan peranan pita suara yang menurun. Umumnya, proses bulk injection dikerjakan oleh dokter pakar telinga, hidung, dan kerongkongan (THT).
3. Mutasi pita suara
Mutasi pita suara dikerjakan dengan mengalihkan dan membenahi status jaringan pita suara. Perlakuan ini dikerjakan untuk tingkatkan peranan satu pita suara saat pita suara lainnya alami kerusakan.
4. Pergantian saraf yang hancur (reinervasi)
Pada proses reinervasi, dokter akan mengalihkan saraf sehat yang ada di seputar leher untuk gantikan saraf pita suara yang hancur. Umumnya, pita suara dapat berperan normal seputar 6–9 bulan sesudah proses ini dikerjakan.
error: Content is protected !!